Tetaplah Seorang Anak

Tetaplah Seorang Anak

Setiap di antara kita, saat tilawah, tentunya pernah melewati surah Al-Isra` ayat 23-24. Sebagian besar mungkin membaca terjemahnya.

“…Dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik.”

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh sayang dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku, kasihanilah keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.’”

Jika kita pelan-pelan merenungkan, mengingat kembali kebersamaan bersama orangtua, adakah perintah-perintah dalam ayat tersebut sudah kita penuhi:

  1. berbuat baik dengan sebaik-baiknya;
  2. tidak berkata ‘ah’;
  3. tidak membentak;
  4. mengucapkan perkataan yang baik;
  5. merendahkan diri dengan penuh sayang;
  6. dan mendoakan kebaikan.

Bahkan sifat merendah diri yang bermakna negatif pun menjadi terpuji ketika dilakukan kepada orangtua. Sungguh ayat-ayat ini mentarbiyah kita untuk memiliki akhlak yang indah. Lalu, adakah ia hanya menjadi koleksi pengetahuan saja. Atau berbuah amal? Semoga Allah menolong kita untuk menjadi seperti ayat-ayat ini.

Baca hikmah selengkapnya, klik, Tetaplah Seorang Anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.